PLTU


Mungkin masih ada beberapa orang yang masih belum tahu dengan PLTU????  Yaaaap disini kami akan menjelaskan apa sih PLTU itu dan bagaimana prinsip kerjanya.
PLTU adalah sebuah alat pembangkit listrik. Hehehehe simplenya sih sepeti itu sob, eeit tapi jangan khawatir  sob disini kami akan menjelaskannya simple dan berisi. Oke lansung aja sob kami mulai pembahasannya.

Apa itu PLTU?
PLTU merupakan suatu sistem pembangkit tenaga listrik yang mengkonversikan energi kimia menjadi energi listrik dengan menggunakan uap air sebagai fluida kerjanya, yaitu dengan memanfaatkan energi kinetik (uap) untuk menggerakkan poros sudu - sudu turbin.

Prinsip kerja PLTU
Mengunakan siklus air – uap – air, yang merupakan suatu sistem tertutup (Loop Tertutup) dari air hasil proses pengkondensasian di condenser dan penambahan air dari water treatment sebagai make up demin water, dipompa oleh condensate extraction pump (CEP) ke Feed Water Heater 1, 2, 3 dan 4 untuk dipanaskan dan kemudian dialirkan ke Dearator agar gas - gas O2 hilang dan ditampung di feedwater tank.
Setelah itu air panas akan dipompa lagi oleh boiler feed pumps menuju ke Feed Water Heater 6, 7, 8 yang selanjutnya akan diteruskan ke Economizer yang ada di Boiler (berbahan bakan batubara) untuk dipanaskan agar temperaturnya naik dan pada proses ini sudah terjadi perubahan fase. Kemudian air campur uap tersebut  menuju ke Steam drum untuk dipisahkan antara uap dan air, yang air akan dipompa oleh boiler circulating water pump menuju boiler untuk dipanaskan lagi di Boiler, sedangkan yang uap (saturated steam) akan dialirkan ke low temperature superheated steam (First Superheater), Secondary Superheater dan kemudian ke final Superheater, sehingga keluaran uap akan berubah menjadi superheated steam yang mempunyai tekanan dan temperature tinggi yang akan digunakan untuk memutar HP turbin.
Setelah proses pemutaran HP turbin maka tekanan dan temperaturnya akan turun, dan superheated steam perlu dilakukan proses  pemanasan ulang (reheater) yang akan membuat steam itu menjadi superheated steam lagi, dari reheater ini superheated steam akan digunakan untuk Memutar IP turbin dan LP Turbin. Didalam turbin ini akan terjadi konversi energi thermal dari Steam menjadi energi mekanis yang menyebabkan rotor turbin berputar, perputaran rotor ini yang akan menggerakkan Generator yang dihubungkan dengan coupling, dan akhirnya terjadilah perubahan energi mekanis menjadi energi listrik.
Uap dari turbin selanjutnya dikondensasikan oleh condenser sehingga menjadi air kembali dan volume air ditambah melalui make up demin water kemudian dipompa oleh condensate extraction pump (CEP) untuk mengulangi siklus diatas.

Sekian dulu sob artikel dari kami, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak serta sesuai dengan topik ConversionConversion EmoticonEmoticon